Catatan Singkat

Situs ini ditujukan supaya soal-soal olimpiade astronomi tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan bagi para peserta, dan supaya nilai-nilai peserta dalam olimpiade astronomi bisa semakin meningkat, artinya pengetahuan astronomi semakin berkembang di Indonesia.

Pembahasan soal-soal olimpiade dengan sengaja dibuat panjang-panjang dengan maksud untuk menjelaskan teori yang mendasari soal tersebut sehingga para pelajar yang masih baru dalam astronomi dapat lebih memahami soal dan teori dasarnya dengan lebih baik.

Kepada seluruh pengunjung yang berkunjung, semua file dalam situs ini silahkan di copas, di republish dan kalau ada yang salah supaya dikoreksi dan saya diberitahu supaya kesalahan yang ada bisa diminimalisir. Semoga situs ini bisa berguna.


Salam Astronomi

Minggu, 01 Mei 2011

SOLUSI Soal Pretest dan Postest - Pelatihan April 2011

SOLUSI Try Out Osk Astro Bdg 2011

4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    numpang nanya, kalau ngedownload filenya bisa lewat 4share gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang ini saya belum sempat buat link 4share nya, nanti saya buatkan

      Hapus
  2. maf pak. . . kalau perhitungan zodiac astronomi dan Astrologi beda jauh ya. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut Wikipedia :
      Astrologi menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi, berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari. Bagi banyak astrologer, hubungan itu tidak perlu sebab musabab.

      Sedangkan zodiac astronomi adalah 13 buah rasi bintang yang dilewati matahari, tidak ada hubungan apapun dengan nasib manusia di bumi.

      Zodiac dalam sistem astrologi ada 12 buah dan sama saja, yaitu rasi yang dilewati matahari (ada astrologer yang menambahkan rasi Ophiucus ada juga yang masih tetap mempertahankan ke-12 rasi tersebut), tetapi semua zodiac dalam astrologi dihubungkan dengan kehidupan manusia.

      Hapus