Catatan Singkat

Situs ini ditujukan supaya soal-soal olimpiade astronomi tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan bagi para peserta, dan supaya nilai-nilai peserta dalam olimpiade astronomi bisa semakin meningkat, artinya pengetahuan astronomi semakin berkembang di Indonesia.

Pembahasan soal-soal olimpiade dengan sengaja dibuat panjang-panjang dengan maksud untuk menjelaskan teori yang mendasari soal tersebut sehingga para pelajar yang masih baru dalam astronomi dapat lebih memahami soal dan teori dasarnya dengan lebih baik.

Kepada seluruh pengunjung yang berkunjung, semua file dalam situs ini silahkan di copas, di republish dan kalau ada yang salah supaya dikoreksi dan saya diberitahu supaya kesalahan yang ada bisa diminimalisir. Semoga situs ini bisa berguna.


Salam Astronomi

Selasa, 24 Mei 2011

FENOMENA : Flare sinar Gamma dari Nebula Kepiting


Penjelasan: 

Mengapa Nebula Kepiting memancarkan flare? Tidak ada yang pasti. Perilaku yang tidak biasa, ditemukan selama beberapa tahun terakhir, tampaknya hanya terjadi dalam cahaya energi yang sangat tinggi - sinar gamma. Seperti baru-baru ini satu bulan yang lalu, pengamatan sinar gamma Nebula Kepiting oleh Fermi Gamma Ray Space Telescope menunjukkan kenaikan tak terduga kecerahan sinar gamma, menjadi sekitar lima kali kecerahan biasa nebula sinar gamma, dan memudar lagi hanya dalam beberapa hari. 

Biasanya semakin cepat variabilitas, maka semakin kecil daerah yang terlibat. Hal ini mengindikasikan bahwa pulsar kuat di tengah nebula Kepiting, yaitu sebuah bintang neutron yang berputar 30 kali per detik, bagaimanapun pasti terlibat. Khususnya, spekulasi mengarah pada perubahan medan magnet yang mengelilingi pulsar kuat itu. Perubahan yang cepat di bidang magnet ini bisa menghasilkan gelombang elektron yang dipercepat yang memancarkan flare, mungkin dalam cara yang mirip dengan Matahari. 

Gambar di atas menunjukkan bagaimana Nebula Kepiting biasanya tampak dalam sinar gamma, dibandingkan dengan pulsar Geminga, dan bagaimana peningkatan kecerahannya pada bulan April 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar